-->

Hidroponik sederhana kupas tuntas

hidroponik sederhana

Hidroponik sederhana merupakan salah satu sarana bagi anda yang senang atau hobi dengan bercocok tanam tapi mempunyai lahan yang sempit dan itu tidaklah menjadi persoalan bila anda ingin meluangkan waktu atau memperindah pekarangan rumah agar lebih tampak hijau asri dan menyejukan tentunya. Bertanam hidroponik merupakan solusi untuk itu. Bagaimanapun pekarangan anda baik itu berbentuk teras atau halaman, anda bisa memanfaatkannya. Apakah itu Hidroponik dan bisakah saya menanam tanaman hidroponik walau pengetahuan saya sangat minim tentang bertanam dan tanaman apa saja yang bisa kita tanam untuk hidroponik. Saya akan coba bahas satu persatu agar anda lebih memahami apa itu hidroponik.

Pengertian Hidroponik 

Hidroponik adalah cara bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai media tanamnya dalam artian tanpa melibatkan tanah seperti yang sering kita lakukan saat bertanam. walau medianya air, akan tetapi kebutuhan air dengan sistem hidroponik jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kita menanam di lahan. Anda mungkin bertanya-tanya kenapa bisa demikian, padahal media yang dibutuhkan dalam hidroponik adalah air. Seperti kita ketahui bahwa jika kita menanam di lahan atau pekarangan rumah baik itu yang langsung ditanam atau pun dengan menggunakan pot, penyiraman akan sering dilakukan jika kondisi tanah kering. Air yang disiramkan ke tanah tidak semuanya terserap oleh tanaman, sebagian menguap karena sinar matahari dan sebagian lagi keluar melalui lubang-lubang jika anda menanam dalam pot. 

Bertanam hidroponik 
Sebagai pemula atau pengetahuan anda masih kurang mengenai cara bercocok tanam hidroponik, alangkah baiknya jika mencoba dahulu dengan bertanam hidroponik sederhana. Yang mana walaupun penerapannya sederhana tetapi untuk hasilnya tidak kalah dengan yang menggunakan sistem nft hidroponik karena tujuannya sama saja sebenarnya yaitu gimana tanaman kita bisa tumbuh dengan baik dan sehat tanpa kekurangan nutrisi yang diperlukan tanaman. Untuk mengawali anda terjun dalam tanaman hidroponik , sistem yang sederhana merupakan salah satu cara menyalurkan hobi anda sekaligus membuat halaman rumah anda menjadi lebih asri. Dan biaya yang diperlukan tidak terlalu besar untuk memulai bertanam hidroponik, anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas sebagai media tanam selain air tentunya. Barang-barang bekas yang kita bisa gunakan untuk bertanam hidroponik  ini antara lain :
1. Botol bekas air mineral
2. Gelas air mineral
3. Styrofoam
4. Ember bekas dan lain-lain

Cara bertanam hidroponik sederhana di rumah

Dari bahan-bahan diatas anda bisa pilih mana yang menurut anda mengeluarkan biaya murah dan bahan-bahan untuk hidroponiknya mudah didapatkan. Pada kesempatan ini saya mencoba menerapkan cara bertanam hidroponik sederhana di rumah dengan botol bekas air mineral karena mudah di dapatkan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan antara lain :
  1. Benih tanaman hidroponik
  2. Media tanam
  3. Media Semai
  4. Pupuk
  5. Pemeliharaan

Benih tanaman hidroponik

Banyak tanaman sayuran yang bisa anda tanam secara hidroponik seperti kangkung, selada, kentang, sawi, pakcoy dan lain-lain. Benih-benih ini bisa anda dapatkan di toko-toko pertanian. Seiring banyaknya yang menggemari budidaya hidroponik, kini benih bisa di beli di super market khsususnya di superindo yang menyediakan benih berukuran kantong kecil dengan harga Rp. 9000. Jadi anda bisa tentukan sendiri tanaman apa yang anda sukai untuk anda tanam, karena jangan salah saat panen tiba tanaman itu bisa anda konsumsi dan tentunya lebih sehat dibandingkan dengan anda membeli sayuran di pasar.

Media Tanam hidroponik

Media tanam untuk hidroponik sangat beragam, anda bisa memilih yang sekiranya tidak menguras isi kantong. Adapun media yang sering digunakan antara lain : arang sekam, sebut kelapa atau cocopet, spons,pasir, kerikil, serbuk kayu, expaned clay, pumeci, rockwool , vermiculite ) 

Media semai

Untuk melakukan penyemaian benih  bisa gunakan wadah plastik berbentuk kotak agar saat menyemainya lebih mudah di banding wadah plastik seperti baskom. 

Pupuk hidroponik

Bagi pemula yang ingin berhidroponik ria sebaiknya menggunakan pupuk yang sudah jadi ( Siap pakai ) agar tidak repot, Sedangkan untuk membuat campuran nutrisi sendiri di khawatirkan perbandingan yang dibuat tidak sesuai , yang mana nantinya berimbas pada pertumbuhan tanaman yang tidak normal ( kurang sehat ) Pupuk hidroponik yang sering digunakan untuk tanaman hidroponik adalah AB Mix dalam bentuk serbuk. Anda tinggal mencampurnya dengan air sesuai petunjuk yang ada di label kemasan. 

Hidroponik sederhana dengan botol bekas

Hidroponik sederhana dengan botol bekas

Hidroponik sederhana dengan menggunakan botol bekas sangatlah mudah di lakukan. Anda bisa menggunakan botol plastik air mineral ukuran 600 ml atau 1 liter. Sistem hidroponik dengan botol ini biasanya menggunakan sistem sumbu ( Wick ) yang mana nutrisi akan dialirkan melalui sumbu ke akar tanaman. Setelah bahan-bahan diatas sudah tersedia, kita coba memulai menanam hidroponik botol plastik ini. 

Perlakuan benih

Benih yang akan disemai sebaiknya diberi perlakuan dahulu agar cepat tumbuh dengan cara direndam dalam air hangat kuku sekalian kita melihat apakah benih yang akan kita tanam bagus apa tidak. Benih yang bagus jika direndam akan tenggelam, sedangkan kualitas benih jelek akan terapung. Jika ada tambahkan atonik 3-5 tetes kedalam air. Atonik sangat berperan penting menjaga kualitas benih saat penyemaian nanti sekaligus sebagai zat pengatur tumbuh. Anda bisa membelinya di toko-toko pertnian. Jika pun tidak ada pun tidak jadi persoalan. Rendamlah benih di gelas berukuran 200 ml dengan air hangat, diamkan selama seharian. Setelah perendaman selama 1 hari kemudian benih ditiriskan serta letakan di atas kain yang sudah dicelupkan kedalam air hangat. Setelah itu benih ditutup dengan kain basah tadi, simpan lagi benih selama 1 hari di ruangan gelap. Berdasarkan pengalaman, ruangan gelap sangat membantu benih agar cepat berkecambah. Karena pada dasarnya di ruangan gelap tanaman akan mengalami fototropi positif yang artinya akan mencari cahaya untuk dia tumbuh. 

Penyemaian

kangkung hidroponik hasil penyemaian

Setelah benih mulai pecah atau berkecambah barulah dilakukan penyemaian. Tempatkan benih tadi di wadah persegi yang sudah dialasi dengan rockwool basah. Bila tidak ada, rockwool bisa anda ganti dengan kapas. Perlu diingat tingkat kebasahan rockwool jangan terlalu jenuh ( jangan basah-basah banget ), lakukan pemerasan setelah rockwool di celupkan diair. Kemudian tempatkan benih yang berkecambah tadi diatasnya satu persatu-satu ( Jarang-jarang) , usahakan jangan ada benih yang menempel antara benih yang satu dengan yang lainnya. Ini dimaksudkan untuk memudahkan saat pindah tanam nanti. Setelah benih sudah tersebar merata, tutup atas wadah persegi tadi oleh kain dan tempatkan di tempat yang gelap agar mempercepat proses fototropi tadi. Sering-seringlah mengecek perlakuan benih tadi jangan sampai benih dikerubuni semut dan bila rockwool mengering, tambah air dengan cara ditetes, lakukan secara merata. Setelah daun sudah mulai nampak secara merata, tempatkan penyemaian di tempat terbuka. Kain penutup sudah tidak lagi kita gunakan. Daun mulai nampak ditandai dengan benih mulai terangkat keatas dan akar sudah mulai tumbuh. Lakukan penyiraman dengan menggunakan handsprayer. Pada pagi hari penyemaian bisa anda pindahkan ketempat yang lebih terbuka lagi agar bisa tersinari oleh matahari. Sekiranya sinar matahari sudah mulai panas, pindahkan lagi tempat penyemaian ketempat yang lebih teduh. Setelah tanaman sudah mulai tumbuh daun kurang lebih 3-4 daun, barulah kita memindahkannnya ketempat penanaman berupa botol yang sudah di beri sumbu tadi. Misalkan kita menanam kangkung, maka kangkung dalam persemaian tadi dipindah tanamkan. Tempatkan bibit kangkung tadi di rockwool sebanyak 4 tanaman. 

Hidroponik sederhana kangkung dengan sistem sumbu

Selama masa penyemaian, kita harus mempersiapkan dahulu media tanam untuk tanaman kangkung yang kita semai tadi. Siapkan botol bekas air mineral ukuran 600ml atau 1 liter, kemudian potong menjadi dua bagian, Bagian atas botol dimasukkan kedalam bagian botol plastik bawah tadi secara terbalik yang mana sebelumnya kita sudah kasih sumbu kompor yang ditempelkan di tutup botol, sementara botol plastik bagian bawah sudah kita isi air yang telah dicampur dengan pupuk AB Mix sebagai nutrisi untuk tanaman. 3-4 tanaman kangkung ditempatkan ke dalam rockwool kemudian masukkan kedalam media tanam berupa botol tadi. Bila keadaan rockwool pada wadah kurang kokoh, bisa anda tambkah media sekam bakar di sisi-sisinya. Lakukan terus penanam hidroponik sederhana kangkung dengan botol bekas ini sampai bibit kangkung tidak tersisa. Tempat di tempat tersinari matahari yang cukup, Anda bisa tata sedemikian rupa agar tampilannya lebih indah dipandang mata.
kangkung hidroponik siap tanam

Nutrisi hidroponik sederhana kangkung

Pemupukan hidroponik berbeda dengan pemupukan tanaman di lahan atau pot. Anda cukup menambahkan larutan nutrisi hidroponik kedalam botol tadi sekiranya air dalam botol sudah berkurang. Penggunaan Pupuk AB Mix sangat cocok sekali untuk anda yang baru belajar hidroponik. Disamping tidak ribet, Pupuk tersebut merupakan pupuk komplit yang mana unsur hara essensial ( Hara Makro ) maupun unsur hara mikronya sudah tersedia dengan komposisi yang tepat. Tinggal anda menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan tanaman yang anda tanam sesuai dengan label. Air nutrisi dalam botol hidroponik bisa anda ganti dengan yang baru sekiranya air sudah bau. 

Panen kangkung Hidroponik

Tanaman kangkung sebagai tanaman hidroponik banyak disukai oleh hobiis hidroponik terutama pemula karena tidak ribet seperti hidroponik cabe atau tomat. Dan panennya pun bisa dibilang sangat cepat yaitu 20 hari setelah tanam ( HST ). Bila masa panen sudah tiba, anda cukup mencabutnya dari rockwool dan bisa anda konsumsi dengan selera anda. Berikut ini resep kangkung yang bisa anda coba dirumah. 

Resep tumis kangkung hidroponik sederhana

Manfaat kangkung

Sebelum melangkah ke cara membuat tumis kangkung hidroponik sederhana ,ternyata Kangkung memiliki banyak manfaat, tanaman hijau berdaun lebar dengan umur panen 20 hari ini kaya akan gizi seperti vitamin C, A dan B komplek , Omega 3 serta mengandung, Zat besi, kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Manfaat lainya adalah kangkung dapat mengobati penyakit diabetes dan bukan itu saja, ada 9 manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh dan sebagai obat herbal .Adapun 9 manfaat jika kita mengonsumsi kangkung adalah sebagai berikut :
  • Dapat mencegah diabetes
Zat yang terkandug dalam kangkung ternyata dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh yang mana berpengaruh dalam mencegah diabetes. Kandungan karbohidrat dalam nasi yang mengandung kadar gula cukup tinggi bisa diminimalisir saat kita makan dengan kangkung. 
  • Kangkung mencegah Anemia
Zat besi yang terdapat dalam kangkug begitu tinggi yang mana dapat merangsang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh sehingga jika anda mengalami tubuh lesu dan lemah akibat anemia, kangkung bisa jadi alternatif mengobati penyakit anemia anda.
  • Meningkatkan kualitas otak
Omega 3 dan vitamin B komplek dalam kangkung dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik sehingga mampu meningkatkan kecerdasan otak
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin A dan C serta beta karotin dalam kangkung bemanfaat dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan inilah dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, stroke atau serangan jantung yang diakibatkan kolesterol yang teroksidasi. Kangkung pun dapat menurunkan tekanan darah dari magnesium yang dikandungnya serta mampu menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga Sistem Imun
Sistem imun dapat kita jaga dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau, salah satunya adalah kangkung yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyaikit.
  • Sangat Baik Untuk Mata
Vitamin A serta karotenoid serta lutein yang terkandung dalam kangkung, cukup mampu menjaga kesehatan mata dan sangat membantu sekali dalam mecegah penyakit katarak
  • Mengurangi Kolesterol
Kangkung sebagai sumber yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Penelitian yang dilakukan dengan subjek tikus telah membuktikan bahwa kangkung efektif untuk menurunkan kadar kolesterol serta triglycoside dalam darah.

Selain manfaat di atas, sebagai sayuran hijau, kangkung memiliki ratusan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama mengandung klorofil serta serat yang sangat tinggi bagi kesehatan.

Resep kangkung tumis enak

Resep tumis kangkung hidroponik enak

Setelah kita mengetahui manfaat dari kangkung terutama untuk kesehatan, maka kita akan lebih semangat lagi untuk memasaknya bukan ?. Kali ini kita bongkar resep nikmat kumis kangkung hidroponik sederhana. Adapun untuk bahan-bahan yang dipersiapkan dalam memasak oseng kangkung ini adalah sebagai berikut :

Kangkung hidroponik yang telah anda panen tersebut  dibersihkan dan dipetik daunnya serta batangnya menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian iris 2 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah dan goreng dengan mentega yang telah dipanaskan di atas wajan hingga harum. Setelah itu masukan 1 cabe merah besar yang telah di iris tipis beserta beserta 1/3 ruas jari lengkuas yang telah diiris tipis dan terasi secukupnya kemudian masukkan 3 sendok makan saus tiram dengan cara dilingkarkan diatas bumbu yang sedang ditumis tadi bukan langsung ke bumbunya.  Kemudian langkah selanjutnya adalah memasukkan kangkung hidroponik yang telah dipotong-potong dan dicuci tadi kedalam bumbu yang ditumis dan jangan menambahkan air, kecil api kompor biar tumis kangkung masak dengan sempurna. Jangan lupa masukkan 1 butir tomat yang sudah diiris-iris dengan gula pasir atau gula aren secukupnya. Dan hidangan selagi hangat  tumis kangkung hidroponik dengan cara memasak sederhana dan murah ini siap disantap.
Itulah Mengenai artikel hidroponik sederhana yang bisa saya haturkan, dimulai dari persiapan,penanaman , pemanenan sampai dengan cara memasak dan manfaat yang begitu besar dari apa yang kita suguhkan hari ini. Selanjutnya anda bisa mengembangkan kembali cara-cara hidroponik dan tanaman yang akan kita tanam. Dengan berhidroponik ria, Rumah anda akan asri tak terkira. Selamat mencoba ^_^

untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video system hidroponik sederhana dengan botol plastik di bawah ini 

LihatTutupKomentar